KONSEP PENATA CAHAYA

Posted: February 25, 2013 in Let's Make A Movie
Lighting With Kinoflo
 
Pencahayaan
 
            Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang aman dan nyaman dan berkaitan erat dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang dapat melihat objek – objek yang dikerjakannya secara jelas dan cepat. Menurut sumbernya, pencahayaan dapat dibagi menjadi :
 
1. Pencahayaan Alami
 
            Pencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sinar alami mempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga dapat membunuh kuman. Untuk mendapatkan pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukan jendela – jendela yang besar ataupun dinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai. Sumber pencahayaan alami kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaan buatan, selain karena intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan panas terutama saat siang hari. Faktor – faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan sinar alami mendapat keuntungan, yaitu :
 
1. Variasi intensitas cahaya matahari
2. Distribusi dari terangnya cahaya.
3. Efek dari lokasi, pemantulan cahaya, jarak antar bangunan.
4. Letak geografis dan kegunaan bangunan gedung
 
2. Pencahayaan Buatan
 
            Pencahayaan buatan adalah pencahayaan yang dihasilkan oleh sumber cahaya selaincahaya alami. Pencahayaan buatan sangat diperlukan apabila posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami atau saat pencahayaan alami tidak mencukupi. Fungsi pokok pencahayaan buatan baik yang diterapkan secara tersendiri maupun yang dikombinasikan dengan pencahayaan alami adalah sebagai berikut:
 
1. Menciptakan lingkungan yang memungkinkan penghuni melihat secara detail serta terlaksananya tugas serta kegiatan visual secara mudah dan tepat.
 
2. Memungkinkan penghuni berjalan dan bergerak secara mudah dan aman.
 
3. Tidak menimbukan pertambahan suhu udara yang berlebihan pada tempat kerja.
 
4. Memberikan pencahayaan dengan intensitas yang tetap menyebar secara merata, tidak berkedip, tidak menyilaukan, dan tidak menimbulkan bayang – bayang.
 
5. Meningkatkan lingkungan visual yang nyaman dan meningkatkan prestasi.
 Sistem pencahayaan buatan yang sering dipergunakan secara umum dapatdibedakan atas 3 macam yakni :
 
1. Sistem Pencahayaan Merata
 
            Pada sistem ini iluminasi cahaya tersebar secara merata di seluruh ruangan. Sistem pencahayaan ini cocok untuk ruangan yang tidak dipergunakan untuk melakukan tugas visual khusus. Pada sistem ini sejumlah armatur ditempatkan secara teratur di seluruh langit – langit.
 
2. Sistem Pencahayaan Terarah
 
            Pada sistem ini seluruh ruangan memperoleh pencahayaan dari salah satu arah tertentu. Sistem ini cocok untuk pameran atau penonjolan suatu objek karena akan tampak lebih jelas. Lebih dari itu, pencahayaan terarah yang menyoroti satu objek tersebut berperan sebagai sumber cahaya sekunder untuk ruangan sekitar, yakni melalui mekanisme pemantulan cahaya. Sistem ini dapat juga digabungkan dengan sistem pencahayaan merata karena bermanfaat mengurangi efek menjemukan yang mungkin ditimbulkan oleh pencahayaan merata.
 
3. Sistem Pencahayaan Setempat
 
            Pada sistem ini cahaya dikonsentrasikan pada suatu objek tertentu misalnya tempat kerja yang memerlukan tugas visual. Untuk mendapatkan pencahayaan yang sesuai dalam suatu ruang, maka diperlukan sistem pencahayaan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Sistem pencahayaan diruangan, termasuk di tempat kerja dapat dibedakan menjadi 5 macam yaitu :
 
1. Sistem Pencahayaan Langsung (Direct Lighting)
 
            Pada sistem ini 90 – 100% cahaya diarahkan secara langsung ke benda yang perlu diterangi. Sistem ini dinilai paling efektif dalam mengatur pencahayaan, tetapi ada kelemahannya karena dapat menimbulkan bahaya serta kesilauan yang mengganggu, baik karena penyinaran langsung maupun karena pantulan cahaya. Untuk efek yang optimal, disarankan langi – langit, dinding serta benda yang ada didalam ruangan perlu diberi warna cerah agar tampak menyegarkan.
 
2. Pencahayaan Semi Langsung (Semi Direct Lighting)
 
            Pada sistem ini 60 – 90% cahaya diarahkan langsung pada benda yang perlu diterangi, sedangkan sisanya dipantulkan ke langit – langit dan dinding. Dengan sistem ini kelemahan sistem pencahayaan langsung dapat dikurangi. Diketahui bahwa langit – langit dan dinding yang diplester putih memiliki effiesien pemantulan 90%, sedangkan apabila dicat putih effisien pemantulan antara 5 – 90%.
 
3. Sistem Pencahayaan Diffus (General Diffus Lighting)
 
            Pada sistem ini setengah cahaya 40 – 60% diarahkan pada benda yang perlu disinari, sedangka sisanya dipantulkan ke langit – langit dan dinding. Dalam pencahayaan sistem ini termasuk sistem direct -indirect yakni memancarkan setengah cahaya ke bawah dan sisanya keatas. Pada sistem ini masalah bayangan dan kesilauan masih ditemui.
 
4. Sistem Pencahayaan Semi Tidak Langsung (Semi Indirect Lighting).
 
            Pada sistem ini 60 – 90% cahaya diarahkan ke langit – langit dan dinding bagian atas, sedangkan sisanya diarahkan ke bagian bawah. Untuk hasil yang optimal disarankan langit – langit perlu diberikan perhatian serta dirawat dengan baik. Pada sistem ini masalah bayangan praktis tidak ada serta kesilauan dapat dikurangi.
 
5. Sistem Pencahayaan Tidak Langsung (Indirect Lighting)
 
            Pada sistem ini 90 – 100% cahaya diarahkan ke langit – langit dan dinding bagian atas kemudian dipantulkan untuk menerangi seluruh ruangan. Agar seluruh langit – langit dapat menjadi sumber cahaya, perlu diberikan perhatian dan pemeliharaan yang baik.Keuntungan sistem ini adalah tidak menimbulkan bayangan dan kesilauan sedangkan kerugiannya mengurangi effisien cahaya total yang jatuh pada permukaan kerja. Penggunaan tiga cahaya utama adalah hal umum yang berlaku di dunia film dan photography. Pada presentasi arsitektural penggunaannya akan sedikit berbeda, walaupun masih dalam kerangka pemikiran yang sama. Agar pembaca lebih mudah memahami topik ini, saya menyertakan ilustrasi – ilustrasi gambar di bawah ini. Harap diingat bahwa topik ini tidak terkait dengan penggunaan software apapun, baik 3D Studio MAX, Lightwave, Maya, Softimage, ataupun software lainnya.
 
THREE POINTS LIGHTING :
 
            Ini sudah menjadi rumusan atau formula dasar sebuah pencahayaan dalam produksi video,film, dan foto. Tiga point penting itu terdiri atas :
 
1. Key Light : Key Light adalah pencahayaan utama yang di arahkan pada objek, Dan Merupakan sumber pencahayaan paling dominan atau pokok dalam frame tangkapan kamera. Biasanya, lebih terang dibandingkan dengan Fill Light. Dalam desain tiga point penahayaan, key light ditempatkan pada sudut 45 Derajat di atas objek.
 
2. Fill Light : Fill Light merupakan pencahayaan tambahan, yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bayangan objek yang disebabkan oleh Key Light. Fill Light ditempatkan bersebrangan dengan objek yang mempunyai jarak yang sama dengan Key Light. Intensitas pencahayaan Fill Light biasanya setengah dari Key Light. Fill Light juga berguna untuk mengisi bagian yang gelap, Asalkan perbandingan gelap terang disesuaikan dengan adegan yang diinginkan.
 
3. Back Light : Adalah pencahayaan dari arah belakang objek, yang berfungsi memberikan dimensi agar objek tidak ”Menyatu” dengan latar belakang. Pencahayaan ini diletakkan 45 Derajat di belakang objek. Intensitas pencahayaan Back Light sangat tergantung pada pencahayaan Key Light dan Fill Light, dan tentu saja tergantung pada objeknya. Misalnya, Back Light bagi orang berambut pirang akan sedikit berbeda dengan warna rambut hitam.
 
4. Available Light : Adalah cahaya pendukung suasana, yang salah satu fungsinya ialah mempertegas suasana. Misalnya, menciptakan suasana malam hari atau mistis dengan lampu kebiruan. Atau, mendukung artificial shot suasana ruang disebuah tempat pada siang hari dengan cara memunculkan cahaya jatuh dari sela – sela jendela atau genting. Dalam tata cahaya, kadang diperlukan efek khusus. Efek cahaya lainnya yang sering kali digunakan adalah Eye Light, yakni sebuah lampu kecil dengan cahaya kuat yang ditempatkan didekat kamera. Karena cahanya lemah, lampu ini menimbulkan Fill Light dimata aktor. Selain itu, refleksinya akan membuat matanya berbinar. Adapun Background Light atau Set Light akan memberi cahaya pada tembok atau furniture.
 
           Pada dasar – dasar pencahayaan, selain tiga pencahayaan utama terdapat dua pencahayaan lain yang mendukung sebuah karya menjadi terlihat nyata yang disebut cahaya tambahan. Cahaya tambahan terdapat dua macam yaitu :
 
1. Cahaya Aksentuasi (Kickers light)
 
       Kickers berfungsi untuk memberikan penekanan (aksentuasi) pada objek -objek tertentu. Lampu spot adalah yang terbaik digunakan karena mempunyai kemiripan dengan sifat lampu spot halogen yang biasa dipergunakan sebagai elemen interior. Intensitas cahaya aksentuasi tidak boleh melebihi key light karena akan menciptakan “over exposure” sehingga hasil karya jadi terlihat seperti photo yang kelebihan cahaya.
 
2. Cahaya Pantul (Bounce light)
 
          Setiap benda yang terkena cahaya pasti akan memantulkan kembali sebagian cahayanya. Misalnya cahaya matahari masuk melalui jendela dan menimbulkan “pendar” pada bagian tembok dan jendela. Warna pendaran cahaya tersebut juga harus disesuaikan dengan warna material yang memantulkan cahaya. Semakin tingga kadar reflektifitas suatu benda, seperti kaca misalnya, semakin besarlah “pendar” cahaya yang ditimbulkannya. Pada program – program 3D tertentu seperti Lightwave dan program rendering seperti BMRT dari Renderman, atau Arnold renderer. Efek Bounce Light bisa ditimbulkan tanpa menggunakan bounce light tambahan. Program secara otomatis menghitung pantulan masing – masing benda berdasarkan berkas – berkas photon yang datang dari arah cahaya. Namun karena photon adalah sistem partikel, maka perhitungan algoritma pada saat rendering akan semakin besar. Artinya waktu yang diperlukan untuk rendering akan semakin besar. Ada kalanya proses ini memakan waktu 10 kali lebih lama dibandingkan dengan menciptakan bounce light secara manual satu persatu.
 
            Proses simulasi photon yang lebih dikenal sebagai radiosity tersebut sangat handal untuk menciptakan gambar still image, tetapi tidak dianjurkan untuk membuat sebuah animasi. Penggunaannya akan sangat tergantung kepada kondisi yang pembaca alami dalam proses pembuatan ilustrasi. Bounce light merupakan elemen yang sangat penting dalam menciptakan kesan nyata pada gambar kita. Tanpa bounce light maka ilustrasi arsitektur akan berkesan seperti gambar komputer biasa yang kaku dan tidak berkesan hidup. Pemantulan cahaya dibagi atas dua bagian yaitu :
 
1. Specular Reflection
 
            Pantulan sinar cahaya pada permukaan yang mengkilap dan rata seperti cermin yang memantulkan sinar cahaya kearah yang dengan mudah dapat diduga.
 
2. Diffuse Reflection
 
            Pantulan sinar cahaya pada permukaan tidak mengkilap seperti pada kertas atau batu. Pantulan ini mempunyai distribusi sinar pantul yang tergantung pada struktur mikroskopik permukaan.
 
Pencahayaan Dalam Ruangan
 
            Pencahayaan di dalam ruangan / indoor misalnya pencahayaan yang sudah ada (lampu neon atau lampu pijar). Pencahayaan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan shooting, walaupun bisa jadi banyak kelemahan, diantaranya intensitas cahaya yang dihasilkan terlalu rendah untuk kepentingan shooting. Dengan teknologi video digital hal ini masih bisa diakali dengan menaikan iris, walau demikian pasti ada batas toleransinya. Ketika kita menaikan f – stop di kamera, mungkin gambar yang dihasilkan akan tampak grainy / bintik – bintik. Usahakan, obyek mendapat pencahayaan yang cukup, walaupun tidak selalu solusi yang baik, coba memindahkan obyek / subyek yang akan anda shoot pada area cukup cahaya dimana cahaya lampu itu jatuh.
 
            Jika anda akan shooting di dalam ruang kamar, anda bisa memanfaatkan cahaya matahari dari luar ruangan. Namun sekali lagi, anda harus mengatur posisi subyek agar mendapatkan intensitas pencahayaan yang diinginkan.
 
Luar Ruangan
 
            Ketika kita akan shooting di luar ruangan / exterior pada siang hari yang harus diperhatikan adalah arah matahari. Tidak terlalu disarankan untuk shooting dari jam 11 hingga jam 1 siang, karena cahaya matahari sedang terik – teriknya dan mungkin berada persis di atas obyek, yang artinya akan menimbulkan bayangan. Untuk menurunkan intensitas cahaya yang terlalu kuat, anda bisa memanfaatkan filter Neutral Density / ND yang ada pada kamera. Dengan menggunakan filter ini, cahaya yang berlebihan akan direduce / dikurangi sehingga menjadi normal. Saran saya, ketika harus shooting di siang hari dan hanya menggunakan available light, antara jam 2 hingga jam 4 sore. Untuk mengatur arah pencahayaan gunakanlah reflektor.
 
Menggunakan Reflektor
 
          Reflektor merupakan sebuah alat untuk merefleksikan atau memantulkan cahaya pada subyek. Reflektor untuk keperluan shooting (juga pemotretan) sudah banyak didesain oleh pabrik, tapi beberapa kawan dengan kreatif membuat reflektor sendiri.
 
Obyek Bergerak
            Jika menggunakan pencahayaan dengan lighting yang normal / artificial light dimana sumber cahaya bisa digeser untuk menyesuaikan cahaya yang harus didapatkan oleh obyek /subyek /area shooting kita. Beda halnya jika kita memanfaatkan available light. Saran saya, gunakanlah iris secara manual karena dengan demikian kita bisa menyesuaikan sumber cahaya yang masuk dengan mengontrol irisnya.
 
Cahaya dan Pencahayaan
            Shooting adalah melukis dengan cahaya. Unsur cahaya berarti sangat penting dalam pembuatan film maupun acara televisi. Cahaya tidak selalu berurusan dengan lampu. Ada sumber cahaya lain selain dari sumber lampu. Secara sederhana ada dua jenis sumber pecahayaan, yakni pencahayaan alami (natural) dan pencahayaan buatan (artificial).
 
            Cahaya merupakan gelombang elektromagnestis yang diterima oleh indera penglihat (mata) yang kemudian diteruskan ke otak yang akan merespon, menanggapi ransangan cahaya terebut. Sederhanya, tanpa cahaya maka benda tidak akan kelihatan. Atas dasar itulah, produksi film dan video memerlukan cahaya agar subyek bisa terlihat.
 
Pencahayaan televisi dan film memiliki fungís – fungsi berikut:
1. Menyinari obyek / subyek.
2. Menciptakan gambar yang artistik.
3. Menghilangkan bayangan yang tidak perlu.
4. Membuat efek khusus.
 
            Menyinari objek artinya memberikan pencahayaan agar objek atau subjek bisa terlihat jelas sesuai konsep film itu sendiri. Tidak semua bayangan itu diperlukan dan tidak semua bayangan tidak diperlukan. Dengan pencahayaan tertentu bayangan bisa dihilangkan, dikurangi, atau bahkan ditambah. Perlu tidaknya bayangan atau shadow, lagi – lagi sangat tergantung dari konsep film itu sendiri.
 
Arah Cahaya
 
Arah cahaya dari pencahayaan akan bergantung pada ketinggian dan sudut dari sumber cahaya tadi. Dari atas, bawah, atau rata dengan obyek? Dengan demikian kita akan tahu bayangan yang dihasilkan cahaya tadi jatuh dimana. Peletakan sumber cahaya di atas subyek akan menghasilkan efek yang berbeda jika dibandingkan dengan peletakkan sumber cahaya dari arah bawah subyek. Arah pencahyaan ini biasanya disebut sebagai down angle dan up angle. Dengan down angle akan menghasilkan bayangan yang jatuh kearah tubuh (kalau subyeknya orang). Sebagai contoh, konsep down angle bisa dilakukan pada scene interograsi, akan kelihatan dramatis. Sedangkan up angle akan menghasilkan pencahayaan yang kurang lazim, namun dengan penempatan pencahayaan seperti ini subyek akan kelihatan powefull dan gagah.
 
Kualitas Cahaya
 
            Kualitas pencahayaan berkaitan dengan keras atau lembutnya pencahayaan itu sendiri. Secara garis besar ada dua kualitas pencahayaan, yaitu hard light dan soft light. Hard light mempunyai karakteristik pencahyaan yang kuat dimana shadow atau bayangan lebih terlihat jelas. Softlight memiliki karakter sebaliknya, antara pencahayaan dengan bayangan hanya memiliki perbedaan yang tipis.
 
Rasio Pencahayaan
 
Lighting Ratio merupakan perbandingan antara brightness dan lightness. Misalnya perbandingan 2:1, dimana pencahayaan area terang dua kali lipat dibanding area gelap. Teknologi video memungkinkan sampai pada rasio 4:1, area terang memiliki intensitas 4 kali lebih terang dibandingkan area gelap. Jika lebih dari itu, maka unsur detail bayangan atau shadow akan hilang.
 
Kontrol Cahaya
 
Ini merupakan metode untuk menambah atau mengurangi pencahayaan dari sumber cahaya. Penambahan atau pengurangan ini untuk menghasilkan efek tertentu. Misalnya efek cahaya matahari yang memancar masuk pada jendela kamar tidur, digunakan translucent yang ditempelkan dekat sumber cahaya.
 
Mengukur Intensitas

            Intensitas cahaya yang yang dihasilkan dari key light, fill light,serta backlight bisa diukur oleh sebuah alat yakni Lightmeter. Ada dua jenis alat ini yaitu Incident and Reflectant. Incident diperuntukkan untuk mengukur intensitas cahaya yang “jatuh” pada subjek. Sedangkan Reflectant dipergunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan oleh subyek.
 
Jenis – jenis Lampu :
 
Banyak sekali jenis lampu yang digunakan dalam proses pengambilan gambar atau  shooting. Jenis lampu itu terdiri atas :
  1. Blonde : 1000-2000 Watt, biasanya digunakan sebagai pencahayaan flood untuk area yang luas.
  2. Readhead : 650 – 1000 Watt, digunakan sebagai key flood untuk area yang luas.
  3. Pepper Light : 100 – 1000 Watt, lampu dengan intensitas rendah digunakan khusus untuk key light atau fill light.
  4. HMI : ini merupakan jenis lampu kualitas tinggi.
  5. Hallogen : 100 – 500 Watt, digunakan sebagai key flood untuk area luas, jenis lampu ini biasanya digunakan untuk produksi dengan budgeting rendah.
  6. Fresnell : Jenis lampu yang memiliki lensa khusus yang memancarkan cahaya.
  7. Kinoflo : 400 Watt, digunakan sebagai key light untuk area yang luas.
Temperatur Warna
 
            Temperatur Warna merupakan kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap sebuah obyek ketika cahaya itu mengenai obyek. Ukuran temperatur warna dinyatakan dalam satuan derajat Kelvin (K). Semakin besar ukuran derajat Kelvin, maka warna obyek semakin putih, kebalikannya maka obyek akan terlihat semakin menguning.
 
Jenis – jenis Lighting (Pencahayaan) :
 
            Pada umumnya, ada dua jenis tata cahaya yang sering kali dipakai oleh kameramen. Kedua jenis tata cahaya utama yang dimaksud adalah sebagai berikut :
 
1. High Key : Adalah sebuah scene yang penampilannya lebih condong ke cerah. Efek dari tata cahaya High Key relatif hanya sedikit ada bayangan, tetapi penting juga ada sedikit bagian yang gelap sebagai indikasi bahwa High Key bukanlah Over Exposed.
 
2. Low Key : Adalah kebalikan dari High Key, yaitu hanya bagian – bagian pokok yang mendapatkan cahaya cukup, sedangkan bagian – bagian lainnya ada dalam bayangan gelap. Dalam hal ini, sering terjadi salah pengertian bahwa untuk mendapatkan efek low key, kita harus membuat Under Exposed. Sebenarnya, yang harus kita perhatikan adalah perbandingan ratio antara gelap dan terang. (Riezky Adrian, 25/2/2013).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
         
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Comments
  1. Outstandingly beneficial appreciate it, There is no doubt that your current followers might want way additional stories comparable to this hold up the good difficult get the job done.

  2. If only I had found this web-page sooner, I would have saved myself sooooo much time! Thank you for sharing this. Considering the topic covered, you have done a superb job making this both informative, yet enjoyable to read – good job. My mum always said “a day without learning anything is a day wasted”. I have certainly learnt a lot from this article, thank you. I hope you don’t mind, but I have added a link to this web-site from Twitter.

  3. You are so awesome! I do not think I’ve read anything like that before.
    So good to discover someone with some unique thoughts on this subject matter.

    Seriously.. many thanks for starting this up.

    This site is something that’s needed on the web, someone with some
    originality!

  4. I want to to thank you for this good read!! I certainly loved every bit of it.
    I have you saved as a favorite to look at new
    things you post…

  5. Im not certain where you’re getting your info, but great topic. I must spend a while finding out much more or working out more. Thank you for great information I used to be looking for this info for my mission.

  6. I blog frequently and I truly appreciate your information.
    This great article has really peaked my interest.

    I’m going to take a note of your website and
    keep checking for new information about once a week. I opted in for your Feed too.

  7. I have recently started a blog, the info you offer on this website has helped me tremendously. Thanks for all of your time & work.

  8. 台灣水泵 says:

    Needed to write you that little remark to finally thank you so much once again for your personal great views you have documented above. This is remarkably open-handed with you to give openly all that many individuals could have supplied as an ebook in order to make some dough on their own, and in particular considering that you could have tried it in the event you wanted. These concepts as well worked as the easy way to fully grasp that the rest have a similar passion just as my own to learn somewhat more around this matter. I believe there are many more pleasurable opportunities in the future for folks who look over your blog post.

  9. i bookmarked this! looking for updates.. thanks !! very helpful post terrific outstanding.

  10. Major says:

    Do you have a spam problem on this site; I also am a blogger,
    and I was wondering your situation; many of us have created
    some nice methods and we are looking to exchange techniques
    with other folks, be sure to shoot me an email if interested.

  11. I went over this website and I think you have a lot of good info, saved to favorites (:.

  12. payday loans says:

    Hey There. I found your blog using msn. This is a really well
    written article. I’ll make sure to bookmark it and return to read
    more of your useful information. Thanks for the post.
    I’ll definitely return.

  13. payday loans says:

    Thanks for the auspicious writeup. It if truth be told used to be a entertainment account
    it. Look complicated to far brought agreeable from you! By the way, how can we communicate?

  14. I went over this web page therefore i conceive there’s a number of excellent information, bookmarked (:.

  15. magnificent publish, very informative. I’m wondering why the other specialists of this sector don’t notice this. You should proceed your writing. I’m sure, you have a huge readers’ base already!

  16. Kristi Hugo says:

    I truly enjoy examining on this site, it has wonderful posts . “We find comfort among those who agree with us–growth among those who don’t.” by Frank A. Clark.

  17. you’re in point of fact a excellent webmaster. The website loading speed is amazing. It seems that you’re doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterwork. you have performed a great activity on this subject!

  18. safe power leveling and gold

    Thank you

  19. I truly enjoy reading through on this internet site , it holds good blog posts. “Do what you fear, and the death of fear is certain.” by Anthony Robbins.

  20. POE Items says:

    safe power leveling and gold

    Cheers

  21. I carry on listening to the news broadcast speak about getting free online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Could you advise me please, where could i find some?

  22. I like what you guys are up too. Such smart work and reporting! Keep up the superb works guys I’ve incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my web site :).

  23. I just couldn’t go away your website before suggesting that I actually enjoyed the standard info a person supply for your visitors? Is going to be back steadily to inspect new posts.

  24. Floor Plans says:

    I dont even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you aren’t already ;) Cheers!

  25. Flooring says:

    Heya im for the first time here. I found this board and I find It really useful & it helped me out much. I hope to give something back and aid others like you helped me.

  26. Very tremendous issues here. I am very happy to peer your post. Thank you a lot and i’m taking a look forward to touch you. Will you kindly drop me a mail?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s