UUKK No.13 Tahun 2003, EFEKTIFKAH ?

Posted: October 30, 2013 in News

JURNALIS

JAKARTA, 31/10/2013 – UUKK No.13 Tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan Pasal 88 – Pasal 99 membuat secara khusus tentang upah diperusahaan adalah  merupakan otoritas perusahaan, Dimana perusahaan diberi mandat untuk  menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi (UUKK pasal 92 ayat 1).

Melihat contoh kasus dari pengalaman berbagai pelamar kerja, masih saja ada pihak rekruitmen yang menawari dan memberi upah sangat tidak layak alias tidak manusiawi dilihat dari segi akademis dan tingkat kematangan pelamar dalam bekerja, apa yang terpintas dalam fikiran. Apakah yang bersangkutan sudah melanggar UUKK No.13 tahun 2003.

Banyak perusahaan yang terkesan menutup nutupi standar UMK yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat. Misal ketika seorang calon jurnalis melamar disuatu instansi ditawari upah 1,7juta belum berikut potongan PPH sekian persen, pemotongan upah jika terlambat masuk, dan ketidak hadiran dari upah ideal untuk seorang pelamar jurnalis 5 – 7juta rupiah, maka hal ini bisa dikatakan ada ketidak wajaran dalam managemen instansi tersebut, Namun banyak pihak rekruitmen berdalih sebagai calon karyawan anda harus siap menerima segala resiko atas posisi yang anda lamar berikut standar upah yang perusahaan kami terapkan “UJAR REKRUITMEN”. Kurang Ajarkah.

Berikut ini berupa pasal dalam UU No. 13 Tahun 2003 yang mengatur tentang sanksi-sanksi atas pelanggaran yang berkaitan dengan upah :

1.  Bila pengusaha membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang ditentukan (sesuai ketentuan pasal 90 ayat I), sanksinya (pasal 185) yaitu pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp. 100 juta dan paling banyak Rp. 400 juta.

2.  Bila pengusaha tidak membayar upah pekerja/buruh yang tidak melakukan tugas karena alasan-alasan pada pasal 93 yang seharusnya pengusaha wajib membayarnya, sanksinya (pasal 186) yaitu pidana paling singkat 1 bulan dan paling lama 4 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp. 10 juta paling banyak Rp. 400 juta.

3.  Bila pengusaha tidak membayar upah pekerja untuk kerja lembur sesuai ketentuan pasal 78 maka sanksinya (pasal 187) yaitu pidana kurungan paling singkat 1 (satu) bulan dan paling lama 12 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 10 juta dan paling banyak Rp. 100 juta.

4.  Bagi pengusaha yang tidak membayar upah pesangon pekerja karena mencapai usia pensiun sesuai ketentuan pasal 167 ayat 5 maka sanksinya adalah (pasal 184) pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp. 100 juta,-dan paling banyak Rp. 500 juta,-.

5.  Bagi pengusaha yang tidak membayar upah pekerja yaitu upah lembur sesuai ketentuan pasal 78 ayat 2 dan upah kerja lembur pada hari libur resmi sesuai ketentuan pasal 85 ayat 3 maka sanksinya (pasal 187) yaitu pidana penjara paling singkat 1 bulan dan paling lama 1 tahun dan /atau denda paling sedikit Rp. 10 juta,-dan paling banyak Rp. 100 juta,-.

6.  Bagi pengusaha yang tidak membayar upah pekerja yang mengambil istirahat karena cuti sesuai ketentuan pasal 78 ayat 1 maka sanksinya mengikuti ketentuan pasal 187 yaitu pidana penjara paling singkat 1 bulan dan paling lama 1 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp. 10 juta,-dan paling banyak Rp. 100 juta,-.

7.  Bagi pengusaha yang tidak membayar upah pekerja karena cuti melahirkan dan cuti keguguran sesuai ketentuan pasal 82 ayat 1 dan ayat 2 maka sanksinya mengikuti ketentuan pasal 185 yaitu pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp. 100 juta,-dan paling banyak Rp. 400 juta,-

Dan jikalau pihak Depnaker mengetahui sanksi apa yang akan diberikan terhadap instansi nakal tersebut? PIDANA, PERDATA, Atau PEMBEKUAN instansi terkait. (Riezky Adrian, 31/10/2013).

Comments
  1. Ara says:

    You post very interesting posts here. Your website deserves much bigger audience.
    It can go viral if you give it initial boost, i know very useful service
    that can help you, simply type in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s